Profil

Bermula dari munculnya berbagai harapan baik dari orang tua siswa pada saat pelepasan/perpisahan yang dilaksanakan oleh Sekolah Menegah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejurusan (SMK), maupun Madrasah Aliyah (MA) di Tanah Grogot, yang dilaksanakan setiap tahun yang selalu mempertanyakan Kepada Pemerintah Daerah tentang keberadaan perguruan tinggi di Kabupaten Paser serta dorongan dari berbagai tokoh masyarakat, tokoh pendidikan dan pemerhati pendidikan untuk mendorong terbentuknya Perguruan Tinggi dengan pertimbangan:

      1. Untuk membantu para lulusan SMA,SMK dan MA yang tidak dapat melanjutkan pendidikan ke luar daerah kabupaten paser disebabkan karena ketiadaan biaya pendidikan.
      2. Untuk mempersiapkan anak didik menjadi kader pembangunan di daerah.
      3. Sementara lembaga pendidikan tinggi di Tanah Grogot belum ada.

     Dengan merespon kepedulian terhadap harapan masyarakat yang begitu besar akan adanya perguruan tinggi tersebut, maka dibentuklah Yayasan Tri Sukses (YATRIS) Golongan Karya berdasarkan Akte Notaris Abdul Wahab, SH tanggal 24 September 1990, sebagai badan hukum yang dapat menaungi pendirian perguruan tinggi.

     Kemudian pada tanggal 15 Nopember 1992, DPD Golkar Kabupaten Paser mengadakan pertemuan dengan melibatkan beberapa tokoh pendidik dan tokoh masyarakat. Dalam pertemuan tersebut disepakati membentuk tim pemrakarsa pendiri perguruan tinggi.

     Sebagai langkah awal pendiran perguruan tinggi, maka pada tanggal 12 juni 1997 pengurus YATRIS GOLKAR menghadap Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah XI Kalimantan di Banjarmasin untuk mendapatkan informasi serta petunjuk tentang mekanisme pendirian perguruan tinggi. Menindaklanjuti hasil pertemuan dengan Koprtis Wilayah XI Kalimantan, maka YATRIS GOLKAR menyampaikan surat nomor: 08/YATRIS/XII/1997 tentang permohonan pendirian program diploma tiga (D3) dengan nama Akademi Keuangan dan Perbankan (AKUBANK) Widya Praja dengan program studi keuangan dan perbankan.

     Pada tanggal 15 Juni 1998 AKUBANK Widya Praja Tanah Grogot disetujui pembukaannya berdasarkan keputusan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor: 046/D/O/1998. Dan pada tanggal 28 Oktober 1998 diadakan peresmian pembukaan akademi keuangan dan perbankan (AKUBANK) Widya Praja.

     Seiring dengan program pemerintah dalam rangka peningkatan kualitas sumber sumber daya manusia dan untuk menunjang pelaksanaan otonomi daerah, maka sejak tahun 2002 dipandang sangat perlu untik meningkatkan status AKUBANK Widya Praja dari program Diploma tiga (D3) menjadi Strata Satu (S1).

     Pada tanggal 10 Oktober 2002, YATRIS GOLKAR menghadap Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi untuk berkonsultasi tentang peningkatan status dari D3 menjadi S1. Menindaklanjuti pertemuan dengan Dirjen Dikti tersebut, maka pada tanggal 22 Oktober 2002 diajukan proposal tentang peningkatan status menjadi Strata Satu S1. Karena masih terdapat perbaikan proposal yang diajukan, maka pada tanggal 15 Mei 2003 YATRIS GOLKAR kembali berkirim surat disertai hasil revisi proposal yang dipersyaratkan oleh Dirjen Dikti.

     Dengan semangat yang tak pernah pupus akan kehadiran Sekolah Tinggi, YATRIS GOLKAR yang disupport oleh pemerintah daerah kabupaten paser untuk terus berusaha menghadirkan lembaga pendidikan tinggi dalam rangka peningkatan kualitas sumber daya manuasia khususnya putra-putri Kabupaten Pasaer maka pada tanggal 12 Januari 2006 terbit SK Nomor : 183/D/O/2006 tentang pemberian izin penyelenggara program studi manajemen (S1) dan perubahan bentuk akademi keuangan dan perbankan menjadi STIE Widya Praja Tanah Grogot.

     Untuk memberikan jaminan bahwa program studi yang ada di STIE Widya Praja telah memenuhi standar mutu yang telah ditetapkan oleh BAN-PT dengan merujuk pada standar nasional pendidikan yang termaktub dalam PP Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, maka keputusan BAN-PT Nomor : 042/BAN-PT/Ak-XV/S1/XI/2012 tentang nilai dan peringkat akreditasi prodi pada program sarjana yang berarti bahwa sejak tahun 2012, STIE Widya Praja telah terakreditasi secara nasional. Pada tanggal 3 Januari 2018 BAN-PT kembali menerbitkan sertifikat akreditasi Nomor: 106/BAN-PT/Akred/S/I/2018 dengan peringkat Terkakreditasi B.

     Pada bulan Maret 2019 kemarin ditetapkan SK Perubahan Nama Yayasan dari YAYASAN TRI SUKSES GOLKAR menjadi YAYASAN TRI SUKSES WIDYA PRAJA yang disingkat YATRIS WP hal ini sesuai dengan SK Nomor AHU-0003734.AH.01.04.Tahun 2019.